Kamis, 09 Mei 2013

karakteristik trayek bola


dengan berperannya pergelangan tangan pada teknik pukulan , maka sudut bola dan sudut daun raket dengan arah ayunan akan menghasilkan trayek bola atau jalannya bola secara tersendiri dan sukar diterka . Geseran angin pada bulu dari bola cukup besar segingga trayek bila lob tidak berbentuk parabola simetris , demikian juga bola setengah smash tidak lurus trayeknya dan membentuk berbagai trayek parabola sesuai kerasnya pukulan.

Sewaktu akan memukul bila melakukan gerakan ayunan tangan dan raket , kenyataan ayunan ini dapat dikendalikan sewaktu terjadi sentuhan daun raket dan bila ( impact ) dan menghasilkan trayek bola dengan berbagai bentuk para bola  sesuai dengan kerasnya sentuhan yang terjadi.
1. Tanpa sodokan
bila pada saat daun raket menyentuk bila, raket dibiarkan pasif, maka bola akan memantul ke atas sebentar sampai pengaruh pantulan hilang kemudian mengikuti hukum gaya tarik bumi jatuh ke bawah.

2. Dengan sodokan ke depan
pada saat raket menyentuh bola, memutar kepala kok berbalik ke muka. bila sodokan cukup kuat, kepala kok akan berputar dua atau tiga kali. kok akan berhenti berputar bila kekuatan gaya yang mempengaruhinya hilang, dan kok kemballu pasif jatuh ke bawah.

3. Dengan sodokan kesamping
Raket disodok ke samping kanan atau kiri, dan cara ini lebih aman terhadap risiko raket menyentuh bibir net.  Oleh karena gerakan raket ke samping, maka kok akan berputar ke samping juga dalam keadaan tidak teratur, melintasi bibir net pada posisi sejajar dengan lantai dan masih tetap berputar, sampai tenaga peintir (spin) itu hilang. Bola dalam keadaan demikian ini sangat sukar untuk ditip atau di net kembali karena lawan harus cermat mengawasi posisi bola yang sedang berputar.

4. Dengan tarikan ke belakang
Bila raket ditarik (hentak) ke belakang , maka kepala kok akan berbalik menghadap ke belakang , terus membalik membawa badan kok berputar sampai gaya yang mempengaruhinya hilang, setelah itu kok akan menghadap ke bawah dan jatuh. bila sudut yang terbentuk antara bidang datar daun raketdan trayek bila terlalu tegak, maka kok tidak  ke depan tapi bergerak ke samping atau ke belakang menyebabkan tersangkutnya di net atau jatuh di bidang sendiri.

5. Jenis pukulan di lihat dari trakyeksi bola
  1.servis pendek
  2. flik servis
  3. servis setenga tinggi
  4. servis tinggi
  5. drive drop shot
  6. drive datar
  7. under arm drop shot
  8. chopped
  9. smash
  10. stengah smash
  11. lob menyerang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar