Sabtu, 11 Mei 2013

resume kelompok 1 : penentuan harga , permintaan dan penwaran

Penentuan harga adalah salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga mentukan seberapa besar keuntungan yang akan di peroleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.

Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Hukum permintaan adalah semakin tinggi harga suatu barang , semakin sedikit juga jumlah barang yang diminta dan sebaliknya semakin rendah harga suatu barang semakin banyak jumlah barang yang dimintanya. Adanya kenaikan permintaan menyebabkan kenaikan harga pada barang maupun kuantitas barang. Penurunan permintaan akan menyebabkan penurunan harga barang maupun kuantitas barang.

Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan di produksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Hukum penawaran adalah semakin tunggi harga suatu barang, maka semakin banyak barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya semakin rendah harga suatu barang. semakin sedikit jumlah barang yang ditwarkan. kenaikan harga penawaran akan menyebabkan penurunan harga barang dan menyebabkan kenaikan harga barang dan menyebabkan penurunan kuantitas barang.

Tanggapannya :

Pada waktu presentasi kelompok 1 pada studi kasusnya mereka membahas tentang kenaikan harga bawang di Indonesia . Memang se sebenarnya saat ini harga bawang menjulang tinggi dan pada konsumen seperti ibu - ibu yang membelinya juga hitung - hitungkan, padahal masih banyak warga miskin yang membutuhkan, tetapi harga tetap dinaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar